Sebelum Gerhana Bulan Total, Ketahui Dulu Tata Cara Sholatnya

Gerhana Bulan Total Januari 2018

LINDAJAYA.ID Pada tanggal 31 Januari malam ini, diperkirakan akan terjadi super blue blood moon atau gerhana bulan total di Indonesia dan beberapa negara lainnya. Peristiwa ini cukup langka karena terakhir terjadi pada 31 Maret 1866 atau 152 tahun yang lalu.

Pada saat-saat beginilah umat islam dianjurkan untuk melaksanakan sunnah gerhana bulan secara berjamaah atau shalat Khusuf di masjid. Selain itu dihimbau untuk berzikir, istighfar, sedekah, dan beramal baik lainnya.

Melaksanakan solat Khusuf hukumnya sunnah muakkadah atau sangat dianjurkan berdasarkan firman Allah SWT:

مِنْ آيَاتِهِ اللَّيْلُ وَالنَّهَارُ وَالشَّمْسُ وَالْقَمَرُ لا تَسْجُدُوا لِلشَّمْسِ وَلا لِلْقَمَرِ وَاسْجُدُوا لِلَّهِ الَّذِي خَلَقَهُنَّ إِن كُنتُمْ إِيَّاهُ تَعْبُدُونَ
“Dan dari sebagian tanda-tanda-Nya adalah adanya malam dan siang serta adanya matahari dan bulan. Janganlah kamu sujud kepada matahari atau bulan tetapi sujudlah kepada Allah Yang Menciptakan keduanya” (QS. Fushshilat : 37)

Peristiwa gerhana bulan total ini jarang terjadi karena posisi bulan dalam konfigurasi supermoon dan bluemoon, atau gabungan dari 3 peristiwa alam sekaligus yaitu bluemoon, supermoon dan gerhana bulan.
Dikutip dari Liputan6, fenomena supermoon terjadi ketika saat purnama berada dalam jarak dekatnya dengan bumi, yang mengakibatkan bulan terlihat lebih besar dan terang dari biasanya.

Oleh karena kelangkaannya ini, ada hadits diriwiyatkan dari HR. Bukhari tentang himbauan melakukan sholat berjamaah:

لَمَّا كَسَفَتِ الشَّمْسُ عَلَى عَهْدِ رَسُول اللَّهِ نُودِيَ : إِنَّ الصَّلاَةَ جَامِعَةٌ
“Ketika matahari mengalami gerhana di zaman Rasulullah SAW, orang-orang dipanggil shalat dengan lafaz : As-shalatu jamiah” (HR. Bukhari).

gerhana bulan total Januari 2018

Adapun tata caranya:
1. Dilakukan berjamaah sebanyak 2 rakaat, 2 ruku, dan 2 sujud.
Masing-masing rakaat dilakukan dengan 2x berdiri, 2 kali membaca surat Al-Quran, 2 ruku’ dan 2 sujud. Sesuai dengan tatacara solat yang dibagikan oleh Kemenag, rakaat pertama dilakukan lebih panjang pada saat ruku’ dan sujud daripada rakaat kedua.

2. Dilakukan tanpa adzan dan iqamat
Anda akan mendengarkan pengumuman dari masjid terdekat melalui panggilan sholat “Assalatu Jamiah”

3. Merendahkan atau mengeraskan suara
Shalat khusuf dapat dilakukan dengan merendahkan suara (sirr) atau sebaliknya yaitu mengeraskan (Jahr)

4. Mandi sebelum sholat
Sebelum melaksanakan sholat disunnahkan bagi para jamaah untuk mandi.

5. Khutbah
Layaknya sholat sunnah berjamaah lainnya, disyairatkan khutbah disampaikan secara informal, tidak seformal pada sholat Jumat atau idul fitri.

Sebagaimana anjuran-anjuran tersebut, apabila Sobat Linda menjumpai peristiwa gerhana, maka dianjurkan untuk melakukan shalat dan berdoa.

Editor: Setya Mahanani

Sumber: santrinspirasi.com dan risalahislam.com

Linda Jaya

About Author

client-photo-1
Linda Jaya

Comments

Leave a Reply