Inginkan Umrah di Tahun ini? Perhatikan Visa Anda!

umrah mabrur

Menurut survey, Indonesia merupakan negara dengan penduduk terbesar di Dunia, mayoritas umatnya yang beragama muslim menjadikan Indonesia sebagai penyumbang jamaah terbanyak apabila dibandingkan dengan negara-negara lain. Dapat dikatakan Indonesia merupakan negara yang memiliki hubungan erat dengan Arab Saudi dalam menjalankan kegiatan peribadatan, fakta tersebut dilengkapi dengan data terbaru saat ini bahwa kuota yang diberikan oleh Arab Saudi untuk negara Indonesia setiap tahunnya selalu mengalami peningkatan. Namun hal ini berbeda dengan peraturan baru yang akhirnya diterapkan oleh kerajaan Arab Saudi mengenai tambahan biaya visa bagi calon jamaah umrah sejak 1439 Hijiriyah. Hal ini dipicu karena kondisi dari cadangan devisa dari negara tersebut yang mengalami penurunan setiap tahunnya, maka dari itu Raja Arab Saudi akhirnya memberikan keputusan bahwa akan diberikan tambahan biaya kepada calon jamaah umrah yang berencana menjalankan ibadah umrah.

Terhitung sejak November 2017, pemerintah Arab Saudi telah memberlakukan aturan visa progresif bagi para calon jamaah umrah, yang ingin beribadah untuk kedatangan selanjutnya. Hal ini memberikan arti bahwa jamaah yang sebelumnya sudah pernah menunaikan ibadah umrah akan dikenakan beban tambahan apabila ingin menjalankan ibadah umrah pada periode selanjutnya. Biaya yang perlu dikeluarkan oleh calon jamaah yang ingin tetap melakukan ibadah umrah meskipun sudah pernah melakukan ibadah umrah di periode sebelumnya adalah sebesar SR 2000 atau setara dengan mata uang rupiah sebesar Rp7.000.000 yang berlaku pada keberangkatan pertama dan seterusnya di tahun 1439H.

visa progresif umrah
visa progresif untuk umrah

Singkat kata, kebijakan ini sudah diberlakukan sejak 11 November 2017/ 21 Muharram 1438 H. Para calon jamaah umrah hanya perlu memperhatikan tahun Hijriyah dari tahun keberangkatan umrah terakhir karena visa progresif ini dihitung berdasarkan tahun Hijriyah, bukan tahun Masehi. Untuk memastikan apakah Anda harus membayar visa progresif atau tidak, perlu dilakukan pengecekan menggunakan nomor paspor.

Pengecekan visa progresif bisa melalui link dibawah ini https://eservices.haj.gov.sa/eservices3/pages/VisaPaymentInquiry/VisaInquiry.xhtml?dswid=-5706

Apabila Ibadah dan  ingin berkunjung kerumah Allah merupakan alasan utama kita dalam melaksanakan Ibadah Umrah, maka walaupun adanya peraturan baru dari raja Arab Saudi mengenai Visa Progresif, maka mudah-mudahan bukan menjadi rintangan bagi kita dalam menjalankan ibadah tersebut, dan semoga Allah senantiasa memberikan memberikan rezeki yang berkecukupan bagi kita untuk bisa berkunjung dan berdoa di Baitullah, Amin Amin Yarabbalallamin.

hubungi kami apabila anda ingin menanyakan lebih lanjut mengenai visa progresif maupun paket umrah murah dan kami akan membantu anda dengan mudah. Datang dan nikmati pelayanan Linda Jaya, Jalan Ngagel Jaya No. 30-32 Surabaya.

Editor: Sakinah Rachman

Linda Jaya

About Author

client-photo-1
Linda Jaya

Comments

Said
January 28, 2018
Assalamualaikum.. Mau tanya saya berangkat dibulan februari tahun 2015 nah saya mau berangkat lagi apakah saya tetap dikenakan biaya visa progresif juga yaa ato lepas biaya visa progresifnya kalo berangkatnya di tahun 2018 ini..
Linda Jaya
January 29, 2018
Kami bisa bantu untuk pengecekannya ya pak, mohon lampirkan nomor paspor di email kami. Terima kasih
sumanta samudi makhmud
March 3, 2018
Assalamu'alakum Bu sy tahun 2017 melaksanakan ibadah haji terus insya Allah tahun 2018 akan melaksanakan umroh apakah kena pajak progresip? Sy telah ngisi di web tsb jawabannya : Not required to make payment for umrah visa" Artinya apa bu? Nuhun
Reza
April 10, 2018
Assalamu'alaikum... Bu., saya tahun 2017 sudah melaksanakan ibadah umrah., dan di tahun 2018 ini insya allah saya akan melaksanakan ibadah umrah lagi, apakah saya kena pajak progresip ??
Linda Jaya
April 11, 2018
Dear Mr. Reza Terkait pertanyaan Anda dalam kolom komentar website kami, visa progresif berlaku apabila calon jamaah umroh pernah berangkat dalam kurun waktu 3 tahun terakhir. Untuk pengecekan lebih lanjut dapat memasukkan nomor paspor pada website kedutaan Arab Saudi pada link berikut https://eservices.haj.gov.sa/eservices3/pages/VisaPaymentInquiry/VisaInquiry.xhtml?dswid=-5706

Leave a Reply